Profile profile of faculty

 

Sejarah Singkat

 

Unsub didirikan oleh Yayasan Kutawaringin Subang sejak 10 November 1964 ditandai oleh berdirinya Universitas Kutawaringin (UNKUWA) yang digagas oleh Otje Djunjunan, R.H Acu Samsudin dan R.Erawan Asmara, yang didukung oleh berbagai pihak antara lain PGRI, Pemda Subang, Organisasi Politik dll. Saat itu pula dibuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) kelas jauh Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (UNPAD) yang kemudian dibuka pula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fillial IKIP Bandung pada tahun 1965.

 

Tetapi karena berbagai hal keberadaan Universitas Kutawaringin Subang pada Tahun 1969 sempat terhenti termasuk akibat ada larangan bagi perguruan tinggi tidak diperbolehkan membuka kelas jauh.Selanjutnya pada tahun 1982 atas prakarsa Bapak Bupati Ir.Sukanda Karta Sasmita(alm) Yayasan Kutawaringin Subang dibangkitkan kembali yang ditandai dibukannya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) kerjasama dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung,dalam rangka meningkatkan Kualitas SDM aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan Masyarakat Subang pada umumnya.

 

Kemudian atas prakarsa Bupati Subang Drs.H.Abdul Wachyan didirikan pula Sekolah Tinggi Teknik (STT) Kutawaringin Subang tahun 1997 dalam rangka mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja pabrik industri TEXMACO dikecamatan Pabuaran.

 

Dalam catatan sejarah tersebut bisa disimpulkan bahwa Fakultas Hukum adalah Fakultas yang paling pertama didirikan oleh Yayasan Kutawaringin Subang. Sempat menghilang sejak didirikannya STIA dan STT, namun pada saat 2005 bertepatan didirikannya Universitas Subang, Fakultas Hukum kembali hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Subang.

Dimana ada masyarakat di situ pasti ada hukum, bertolak dari adagium tersebut sangatlah tepat jika Universitas Subang dalam naungan Yayasan Kutawaringin Subang mendirikan Fakultas Hukum. Dalam era globalisasi, pendidikan hukum dituntut untuk mampu menyiapkan sarjana hukum yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tinggi sesuai tuntutan jaman. Sarjana Hukum akan masuk dan menghadapi dunia baru, baik dalam bidang ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan, maupun sosial budaya. Oleh karena itu, Fakultas Hukum Universitas Subang memberikan perhatian mendalam untuk menyelenggarakan pendidikan ilmu hukum agar lulusannya memiliki keluasan teori dan kedalaman praktik sesuai perkembangan zaman.

 

Why Law Faculty?

Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf. Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.

Our Advantages

  • Telah terakreditasi di BAN PT dengan SK no 0941/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016.