Berita an information from faculty

Presiden BEM F.H. Unsub Pimpin ISMAHI Jabar

Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) mengadakan Konferensi Wilayah Jawa Barat yang digelar di Universitas Wiralodra Indramayu Jawa Barat, pada hari Jum'at-Minggu tanggal 11-13 mei 2018.

Sebelum dilaksanakannya konferwil,ismahi juga menyelenggarakan diskusi hukum nasional dengan tema "Kedudukan Keputusan MK terhadap peraturan Perundang-undangan" yang dimana dihadiri oleh keynote speaker Dr. Sigit Pujioto S.H., M.H sebagai kabiro Hukum kemendagri R.I dan narasumber lainnya Irfan Nur Rahman S.H., M.H. yg mewakili Ketua Mahkamah Konstitusi serta Dr. Abdy Yuhana S.H.,M.H. sebagai akademisi dosen Universitas Pasundan, dan dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa fakultas hukum yang tersebar di Jawa Barat.

Dibentuknya Ismahi sendiri adalah untuk menjawab tantangan persoalan hukum di Indonesia dan membantu masyarakat khususnya di bidang hukum sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Setelah melakukan diskusi nasional, ISMAHI sendiri menyelenggarakan intisari dari acara tersebut yaitu; Konferensi Wilayah ISMAHI Jawa Barat yg menghasilkan beberapa keputusan. Diantaranya, terbentuknya Koordinator Wilayah ISMAHI Jawa Barat yang baru beserta kepengurusannya:

1. Fernando Manggala Yudha (Universitas subang) Sebagai Koordinator Wilayah 2. Geovanny Ilham V (Universitas Wiralodra Indramayu) Sebagai Sekretaris Wilayah 3. Arey Kautsar P S (Unversitas Singa Perbangsa Karawang) sebagai Bendahara Wilayah 4. Ory Yushini ( Universitas KrisnaDwiPayana) Sebagai Wakil bendahara Wilayah. Menurut Koorwil ISMAHI Jabar terpilih, Fernando Manggala Yudha mengatakan, Ini adalah amanah yang mesti kami pertanggung jawabkan untuk memegang tongkat estapet kepemimpinan ISMAHI Jabar Periode 2018-2020. Kita bersama-sama bergotong-royong agar organisasi ini bisa berada di masa kejayaannya kembali. Setelah terbentuknya tim formatur, nanti kami akan menyelenggarakan rapat kerja wilayah Ismahi Jawa Barat.

Penanggulangan Radikalisme Melalui Soft Power

Ratusan warga Dusun Bungur Gede Kecamatan Ciasem Subang menggeruduk Pondok Pesantren Miftahul Huda. Dikarenakan Pondok Pesantren tersebut diduga mengajarkan ajaran radikalisme. Kemudian Polisi mengevakuasi 39 jemaah Pondok Pesantren agar terhindar dari amukan warga, para jemaah Ponpes pun dipindahkan ke Dinas Sosial untuk sementara. 
 
Ketika kota subang sedang dihebohkan dengan salah satu Ponpes yg diduga mengajarkan radikalisme, justru para Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Subang ini malah mengunjungi para jemaah Ponpes Miftahul Huda tersebut, yang berada di Dinas Sosial Subang. Tak hanya itu, mereka pun membagikan beberapa sembako, seperti pakaian, makanan, obat-obatan dll. 
 
Menurut Presiden BEM Fakultas Hukum UNSUB Fernando Manggala Yudha, "kami mendengar informasi adanya ponpes yg diserang warga, karena menyebarkan paham radikalisme. Oleh karena itu kami pun mengidentifikasi informasi tersebut, kemudian kami bergegas untuk membantu apa yang bisa kami bantu. Sehingga kami membantu menyumbang beberapa sembako untuk para jemaah yang berada di Dinsos, sumbangan ini hasil dari donasi Mahasiswa Fakultas Hukum secara sukarela. Terkait mereka disinyalir adalah teroris, kami tidak melihat kearah sana kami hanya ingin memanusiakan manusia saja". Ujar Fernando.

Anggota Dewan dan Komisioner KPUM Resmi Dilantik

Fakultas hukum universitas subang menggelar pelantikan organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampus 1 Fakultas Hukum Universitas Subang, Agenda Kegiatannya yaitu melantik serta mengukuhkan pengurus dan pejabat struktural Dewan pertimbangan Mahasiswa (DPM) , dan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) di Gedung Auditorium Universitas subang yang beralamat di Jln. R.A Kartini Km.3 Subang sabtu,(31/03/2018).

Kegiatan pelantikan tersebut dibuka serta dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.Ujang Charda S. S.H.,M.H.,M.Ip dan dihadiri oleh wakil Dekan Moh. Asep Suharna, S.H.,S.Pd.,M.H. dan Kasubag Kemahasiswaan Darmawan Santosa, S.H., serta segenap tamu undangan dari Seluruh organisasi kemahasiswaan baik yang ada di lingkungan kampus Universitas subang maupun organisasi mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di Kab. Subang.

Arif Budiman sebagai Ketua pelaksana memaparkan dalam sambutannya bahwa pelantikan ini sangatlah penting sekali, terutama untuk pembinaan, kaderisasi, dan regenerasi organisasi kemahasiswaan dalam rangka untuk keberlangsungan tongkat estapet kepemimpinan dimasa yang akan datang, dan arif pun mengomentari tentang perkembangan situasi yang terjadi di fakultas hukum saat ini, bahwa sistem yang baik harus dijaga agar Organisasi kemahasiswaan yang ada di internal Fakultas Hukum menjadi benar-benar seperti miniatur pemerintahan yang efektif dan efisien dalam menjalankan semua programnya dalam rangka memajukan Fakultas Hukum menjadi yang terbaik terutama di kabupaten subang, di jawabarat, dan terbaik pula di indonesia, serta mampu menjadi percontohan khususnya bagi organisasi kemahasiswaan yang ada di Universitas subang dan umumnya bagi seluruh kampus yang ada di Kabupaten Subang.

Ditemui ditempat berbeda Ketua DPM Sigit Yulianto Mushlim mengemukakan bahwa pelantikan ini adalah hanya sebagai ceremony dan ucapan selamat datang bagi kami, sebab essensi dari kegiatan ini tidak lain adalah kedepan bagaimana caranya harus mampu menjalankan tugas yang berat nan mulia yang di amanahkan pada kami, wakil ketua DPM Lutfi ismail hasan menanggapi dan mengucapkan syukur atas terselengarannya dan diberikannya mandat kepada kepengurusan baru ini priode (2018-2019), Dia menyebut akan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dengan baik serta penuh loyalitas dan bekerjasama dengan pihak lembaga Fakultas Hukum.

 

 

DPM Fakultas Hukum Kunjungan kerja Ke DPRD Subang  

 
Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum Universitas Subang menggelar kunjungan kerja sekaligus melakukan  diskusi santai 'legislative gathering' di Gedung DPRD kab. subang yang beralamat di jalan dewi saritika no.2 subang kamis,(04/01/2018). 
 
Diskusi tersebut dihadiri sekaligus di buka oleh Ketua DPRD Kab.subang Ir. Beni Rudiono juga di hadiri  oleh perwakilan dari komisi 1 dan komisi 4  diantaranya Bpk. Nurul Mukmin, ibu Juju Juenah,  Bpk. H. Karnudin dan Bpk. Dasum Mulyadi.
 
Sigit Yulianto sebagai pemimpin rombongan sekaligus Ketua DPM Fakultas hukum menyampaikan bahwasanya dilaksanakan kunjungan ini adalah sebagai wujud partisifasi Mahasiswa untuk mengontrol kinerja pemerintah khususnya di Kabupaten Subang. Sigit pun melontarkan beberapa pertanyaan terkait bagaimana tata cara pembuatan peraturan daerah yg baik dan benar, yg dimana nantinya akan diimplementasikan di fakultas hukum . 
 
Dimana Fakultas Hukum sendiri menerapkan sistem miniatur pemerintahan dalam organisasi kemahasiswaan seperti  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai eksekutif yang mengeksekusi kebijakan yang disepakati bersama seperti GBHO (garis-garis besar haluan organisasi) yg ada di internal fakultas hukum  , kemudian ada KPUM sebagai  penyelenggara pemilu raya yang mencetak  pemimpin-pemimpin yang baik dan amanah, adapun UKM yaitu unit kegiatan mahasiswa sebagai wadah menyalurkan minat dan mengembangkan bakat mahasiswa. 
 
Sigit menyebutkan DPM  harus berkomunikasi dengan pihak terkait yang satu linier dan paham betul dengan tugas pokok dan fungsi legislatif. (Pungkasnya) .

Why Law Faculty?

Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf. Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.